Rabu, 30 Desember 2009

MENDUNG DI WAJAH REMBULAN

Lagi ngapain ukhti..kok dari tadi menung2 aja, rani mengagetkanku yg terbang brsama sejuta anganku,
m,m,m, m, g kok ran, ana cuma lg mkir dikit aja, jwbku agk gugup..
Kita pergi kajian yu,uk, pembicranya ust sa'ud,pasti seru, lagian, antikn udh lama g pnah nongol di dunia dakwah, pergi yu,u,k..ajak rani sambil mengoyang2 lenganku, aku hanya tersenyum tipis,
ayoklah zia,rani tdk brhenti membujuk ku,
afwan ran,anti aja ya,nti bagi bagi ilmunya,,ana mau nyuci,
ya Allah zia,anti bnaran g mau? Mau hengkang dr dakwah? Smpai kpn anti bgni sobat? Larut dlm kefutran? Rani mulai kesal melihat aku yg udah tdk aktif di organisasi islam manapun,suasana sepi menghampiri hati kami berdua yg sdnga brperang dgn fikiran kami masing2,akn ada hujan deras membasahi pipiku, kututup wajahku dgn kedua telapak tanganku,aku menangis,,
zia,,ma'afkn ana kalau ana trlalu kasar tdi, itu krn ana sayang dgn anti,,rani mengelus lenganku,
gpp sobat, jwbku singkat dr dgn wajah yg msh tertutup,
zia..anti tau gk? Smua kader mrasa kehilangan dgn anti, baik itu akhwt,ikhwan, dimana zia yg dulu? Yg slalu maju barisan terdpan ketika aksi,zia yg slalu happy dan smart? Zia yg slalu meliput masalah dakwh,zia yg slalu kami jdikan imam sholat para akhwt,zia yg slalu membuat org laen gembira? Yg slalu menjaga hjabnya dgn lwn jnisnya? Dimana shbat ana dulu?
Aku menangis smakin pilu,ku buka wajahku dr tutupan telapak tanganku, ku tatap sahabt baikku itu,
ma'afkn ana ran, ana tlah membuatmu merasa kehlangan sahbt,ana bkn zia,zia yg lama sdh mati, ghirahnya sudah lenyap,inilah zia yg skrng..
Zi..hnya krn VMJ,anti merugikan diri sndiri, lgian dia ikhwan g baik, kalaw dia baik,g mungkin ninggalin anti,huh,dasar dia tu,dia udh bwt anti bgni,,udh ngotori hati anti,stlh itu malah asal pergi, udahlah sobt,msh bnyak ikhwn yg lbh baik dari dia,g ush trlalu di fikirkan.. Pujuk rini yg sudah tau smua masalahku..
Aku hanya diam..hatiku membenarkan apa yg dikatakan gdis manis itu, Allah akn mengganti jauh lbh baik dari dia..
Zi..anti msh mencintainya?
Aku diam seribu bhasAnti menangs krn kehilangan dia?
Aku menggelengkan kepalaku,
so?
Ana nyesal sob,,a,a,a, ana ucpku tebata bata krn senggugukan,
udah..skrng anti tenangn diri dulu, ana ada agenda,.jgn lupa,dzikir adlh obt hati yg paling ampuh.. Pesan rani'
kurebahkan tubuhku ke atas katil kesaynganku, ku tatap sudut2 kamar brcat putih ini,air mata tetap mengalir,apalg ingat masa silam, masa yg mengubah aku menjadi tak karuan,aku menyesal atas tindakan konyolku ini, aku jatuh cinta pada hamba Allah yg blm halal bgiku,aku termakan dgn rayuan setan,akhrnya kuputuskan smua,selain untk lbh menjaga hati, aku jg bru tau ternyata dia punya pacar yg sdh ckp serius, aku ngerasa,aku ini begok, hu,u,f tp smua sudah brakhir..para akhwt slalu saja branggapn aku memilh brperan di blakng layar dakwah krn aku msh sedih khlangan ikhwn yg pnah kucintai,padahal salah, aku hnya ingn memfokuskan kepiawaianku di jurmalistik dan ini adalah smester akhirku untk jd S1..kalav mslh cinta,tidak segitunya kali,karna msh ada iman di dlm hati,aku percya,sang adam akn datng menjemputku,hnya masanya aja blm tiba..he,he
udara cukup cerah,membuat smangatku untk melangkahkan kaki ke kampus menggebu gebu,,
zi,zi... Ini ada titipan untk kamu, teriak tuti teman se jurusan,ngosngosan krn mungkin ngejar aku yg terburu buru,
titipan? Dari siapa tut? Aku mengkerutkn alismataku yg agak tebal,
wa,a,a,h masalah itu rahasia,ini amanah ustadzah,wlpn sy g pakai jilbab dalam kyk ustdzah tp sy ngerti amanah itu ada pertanggung jwbnya,jwb mahasiswi tinggi ramping itu,
aku tersenyum, ya udah, makasi ya friend,,
yup sama sama,sy ada urusan ke fakultas, duluan ya ustadzah,, tuti pamit dan lngsung brhembus dr hadapanku,
kuperhatikan titipan dari pengirim rahasia itu,
tut..tut.. Hpku berbunyi,kayanya ada sms deh,
"aslm,ukh pak usman g masuk,jd qt g kuliah hri ne"
hu,u,f aku jd agak kesal hbs bc sms itu, tp gpplah, aku ke maktabah aja,skalian liat apa isi titipan aneh itu,,
mataku agak mengecil,saat ku buka ternyta satu lembar kertas,aku smakin penasaran
kepada
bidadari Allah..
Hah? Surat kaleng? Desisku dlm hti..lalu kulanjutkn membaca titipan penuh misteri itu,suasana maktabah yg bgt ramai dgn pengunjung2 setianya tak mampu mengusik keseriusanku menghayati kata perkata risalah itu,
assalamu'alaiki bidadari surga..sblmnya,izinkan sy memhn ampun yg pengampun,dikarnakn sy trlalu berani menulis dan merangkai kata untkmu yg ku panggil bidadari,sebutan itu pantas untkmu dikrnakan wajahmu bgai rembulan menyinari sang malam.lalu izinkan sy meminta ma'afmu wahai wnita terjaga,krn sy tdk ingn mengotori htimu yg slalu menempatkn Allah di atas mahkota cintamu,sy percya ukhti telah membuat benteng pertahanan dlm hati agar tak mudah dimasuki pencuri,
wahai gadis brwjh rembulan, tak ada niat hati untk mengotori segumpal darah,sy hnya ingn menyampaikn gemuruh yg smakin menakutkan dlm dada,sy hnya ingn sdikit menyampaikn beban yg menguras fikiran,menyita wkt,memakan energi,mlm bagai siang,siang bgai mlm,tk ada bezanya bagi sya,
tak brmaksud hatiku memupuk perasaan yg entah apa kusebut,bila sy katakn cinta, sepertinya tidak,bila hanya simpati,sepertinya lebh dr itu,,hah, entahlah bidadari,jgn engkau fikirkn itu,
awal sy mengenalmu,ada senyuman slalu menghiasi wjhmu nan indah,sy tndukkan mata hti agr sy tk terjebak dlm keindahan mu,tp sy gagal, sy msuk dlm ruangn gelap tak brpenghuni,hnya ada senyuman mu yg membuat smua menjadi cerah,
wahai gadi terjaga hjabnya, aura kcntikan akhlak slalu terpancr dri gerak gerikmu, bhkan engkau adalah sumaiyah zaman skrng, engkau tdk pnah tau dn tak akan pnah tau betapa bnyak yg mengagumimu, adakah trlintas di benakmu memikirkan adam?
Gadis yg ku panggil mujahidah.. Saat ini sy tak menemukan keceriaan itu, mendung di wajah rembulan, itulah kata yg tepat untk mu,ada luka saat terlintas wjhmu yg mendung, adakah setumpuk masalah yg membuatmu menangis? Atau ada adam yg mengusik hatimu? Andaikn itu terjadi,sy tdk akn mem'afkn org yg melukaimu,krn kamu bgt indah untk di lukai,
kpankah langit di wajah mu cerah kembali ukhti? Jgn bersedih krn Allah senantiasaMenajaga bidadari Nya,cukup sudah ukhti mengatup dlm ke futuran, smua merindukan kehangatan mu,apalg adik2 binaan ukhti,
coba ukhti bc buku yg berjatuhan dlm dakwah,
ma'afkn sy krn tak bisa menulis identitas sy.krn sy tdk ingn merusak hati ukhti,
wasalam,
hu,u,u,f ku tarik nafasku dalam dalam, bgtu kagumkah ia padaku?bgt indahnya aku dlm benaknya? Bgt smangatnyakah aku brdakwah? Siapakah aku di masa lalu? Apakah ke futuranku sngat membuatnya mereka sedih? Ketidak hadiranku membuat mereka kehlangan? Siapa aku? Berjuta pertanyaan membuat kepalaku hmpir pecah.. Air mataku lagi2 harus membsahi wajahku,,
astaghfirullah rabb..siapakah hamba? Bgtu larutnyakah aku dalam ke futuran? Menajaga bidadari Nya,cukup sudah ukhti mengatup dlm ke futuran, smua merindukan kehangatan mu,apalg adik2 binaan ukhti,
coba ukhti bc buku yg berjatuhan dlm dakwah,
ma'afkn sy krn tak bisa menulis identitas sy.krn sy tdk ingn merusak hati ukhti,
wasalam,
hu,u,u,f ku tarik nafasku dalam dalam, bgtu kagumkah ia padaku?bgt indahnya aku dlm benaknya? Bgt smangatnyakah aku brdakwah? Siapakah aku di masa lalu? Apakah ke futuranku sngat membuatnya mereka sedih? Ketidak hadiranku membuat mereka kehlangan? Siapa aku? Berjuta pertanyaan membuat kepalaku hmpir pecah.. Air mataku lagi2 harus membsahi wajahku,,
astaghfirullah rabb..siapakah hamba? Bgtu larutnyakah aku dalam ke futuran? Ku tutup mushaf yg selalu memberikan kesejukan di hatiku tatkala bibir ini khusyu' melafazkan ayat ayat ayat cinta Allah, mataku menerawang ke dinding yg penuh kaligrafi, bola mataku brhenti di tulisan mahfuzat yg brbunyi man sobaro zhafiro, amganku melambung tinggi, menembus ruang hati yg tak brsudut,
ehem,pagi2 kok melamun cinta? Azkia membuyarkan lamunanku,azkia jg shbt baikku,usianya lbh tua satu tahun di bnding aku, tak ada rahasia yg bs kusembunyikan drinya,
g kok mbak,cuma mikir,jwbku singkat smbil melipat mukenaku,
mikir ke mikir,mikir mulu,, sindir azkiya,
iyalah mbak,,namanya juga hayawanu natiq,he,he candaku,
suasana sejenak hening, azkiyak sibuk dgn segudang bukunya,mungkin ada tugas yg mau di ketik,maryam adik kamarku lg pulang kampung,ibunya sakit..dan aku kembali merebahkan tubuh ke atas kasurku,
g ada agenda hari ini cinta? Tanya azkiya sambil membuka laptopnya,
cinta adlh panggilan syg azkiya buatku,krn memang harus bgt, ada 3 hal yg bs memper erat ukhwah, satu, jabatlah tanganya terlebih dahulu bila bertemu, ke dua; lapangkan tempat duduknya di majlis ilmu,dan yg ketiga panggillah ia dgn sebutan yg paling di sukainya,
zi...anti g ada agenda ya hari ini? Azkiya mengulangi pertanyaanya,
hari ini ana g kemana mana mbak,mau nyuci,nyetrika,beres bereslah, jawbku sambil baring membaca buku..
Kalau gk ada agenda, di gedung wanita ada seminar nasional, pembicaranya ustadzah afifah, bagus lho zi..kalau mbak gk ada agenda, mbak mau kesana,,ucap azkiyah menggebu gebu,
lho kok cuwek aja cinta? G minta dngar beritanya?
Minat mbak,cuma g mod aja kesana,
terdengar azkiyah menghembuskan nafasnya,
sampai kpn anti bgni zia? Apa anti tenang hdp bgni bgni terus? 6 bln anti g pnah brgerak lg,,kpn anti mau bngun dari keterpurukan anti ukhti sholeha? Azkiyah memandang ke arahku,
udahlah mbak,nanti ada juga masanya ana kembali..
Azkiyah berdiri mendekatiku,
ukthtiku yg sholehah...mbak tau anti msh sangat terpukul, tp mbak percya anti adalh akhwt luar biasa,mslh cinta bkn mslh besar,aplg cnta yg blm halal,,Zi... Mbak bs ngerti kok..ucap azkiyah lembut,
air mataku tak bisa ku bendung,aku menangis, sejak aku mengakhri 'hbnganku dgnya' krn ketidak pastiannya mengambil keputusan serius,aku sangat akrab dgn air mata,hatiku sangat sensitif bila di ungkit masalah itu, kenapa tidak, 6 bln lebh aku mengotori hati dgnya tanpa hasil apa apa,tnpa tjuan yg jelas, wlpn kmuniksi kmi msh terjaga,tp aku tdk bs terima kalau aku di jadikan permainan,
' ana percaya pada ukhti' tp ana jg butuh proses mlupakanya, itulah kalimat terakhr yg dikirimkan untk ku, kekasih lamanya muncul kembali ketika ada niat ingn nengikat hbngan ini sehdp semati,
aku milih mundur, krn akulah yg menjadi pendatang dlm khdpn mereka,aku tdk pnah sesedih ini, bhkn aku mrasa kehlangan sesuatu yg sngat brharga..
Dadaku sesak, mbak..an,an,,ana blm bs ngelupain dia, aku senggugukan,
iya cinta,, biarlah wkt yg menjwbnya,krn wkt adlh hukum yg adil..mbak ykin anti pasti dapat yg jauh lbh baik dari dia, percayakan dgn janji Allah?
Aku menangis semakin menjadi, mbak..kok bisa jadi bgni? Oya mbak.. Semalam ana dapat surat kaleng, ana gk tau siapa yg ngrim,tp kalau dari gaya bhasanya kayaknya ikhwan, ucapku sambil ngelap ingus yg mulai mencair,
trus?
Trus mbak, ana sangat sdih membca isi surat itu, si pengirim terlalu memuji ana,
yg jadi msalah?
Yg jd masalh..ana bru tau kefuturan ana berdampak buruk bagi org laen..
Azkiyah tersenyum,, zia,zia.. Anti jgn terlalu merasa bersalah,ya udah kalau g ada agenda,kita jalan ke Gramedia yuk, siapa tau ada buku bru..
Azkiya paling pinter buat aku senang, aku memang hantunya membaca and koleksi buku, aku bisa g tau wkt kalu di temanin buku, apalgi buku karangan Dr A'idh al Qorni, ibnul jauziyah, atau tentang Hasan al Banna, pengetahuan tentang bhasa dunia jg aku suka, yg penting buku deh, mvlai dari dongeng sampai ke sirah, mulai dari fiqh sampai ke hadist,smualah kecuali tentang hantu..jujur aku tak minat,he,he
aku tersenyum menanggapi ajakan azkiyah..
Hari slalu menemani minggu untk menghantarkannya ke bulan, malam ini sangatIndah,,udaranya semilir,sejuk merasuk di jiwa, langitnya hitam di tutupi awan yg ke abu abuan,bintang gemintang trsipu malu di balik awan menantikan rembulan yg brsinar terang, subhanallah desisku, bgt indah ciptaan Allah,YG MAHA segalanya, kenapa ya mash ada yg memungkiri keberadaan Nya? Bulan sepertinya sedang menyapaku, aku tersenyum,fikiranku melayang dan teringat isi surat kaleng yg mengatakan " mendung di wajah rembulan itulah yg cocok untkmu saat ini" ku tarik nafas dalam,bnarkah aku seperti rembulan? Ada ada aja,ucapku nyaris tak brsuara,,
tut,tut..hpku brbunyi, satu pesan di terima, kubuka dari siapa,
"aslm.. Dakwah tdk butuh antm,tp antmlah yg butuh dakwah"
keningku sedikit mengkerut,krn si pengirim gk nyantumin nama alias no baru,
kalau ini mah,aku tau,,tp gk apa apalah,siapapun pengrimnya trimakasih bnyak,suasana di luar kost sangat sepi,smua akhwt ada di dalam,hanya aku yg duduk di luar,lg ingn brmesraan dgn malam,nyamuk juga kayaknya tdk mau kalah ingn mendekatiku,
d,a,a,rr
i,i,i,i mbak..anakan terkejut,,
biar aja,siapa suruh duduk sendirian,melamun lg,kata azkiyah dan duduk disampingku,
kenapa zi? Kok senyum? Azkiyah menyenggolku,
gak ada apa apa kok mbak,ingn senyum aja,he,he
oya mbak,, cinta itu misterius ya?
O,o,o, mbak tau,pasti anti lg mikir dia ya?
Dia siapa?
Dia yg di benua afrika,,ayo,o,
gk ah mbak,, jgn di bhas lg, ucapku sdikit sdih
satu sisi mbak salut melihat anti, tau g kenapa?
Aku menggelengkan kepala,
anti itu tdk mudah brpaling hati,wlaupn anti sering menangs,tp anti msh mencintainya kan? Mbak sih ingnnya kalian brjodoh,he,he oya zi..kemaren lamaran ust saiful kok di tolak? Padahal bnyak lho yg mau dgn beliau,,anti kumaha atuh geuliz..
Aku hanya tersenyum,
lho?kok hnya senyum? Kurang ganteng?
Ku geleng kepala,
kurang tajir?kurang agamanya?
Aku hanya geleng geleng,
trus?
Krn ana blm siap menikah lahir dan btin.. Lagian ana g cocok dgn bliau, udh ganteng,sholeh, ghodul bashar,g penah pacran lg, adu,u,h bisa bisa aku slalu di hantui kesalahan,mbak taulah ana siapa,ana bru mencintai Seorg ikhwan,dan akn slalu mencintainya,sampai ia datang menjemput ana,wlpn smua tlh brakhir,tp ana percya, ucapku mantap,
zia yg dulu bnar bnar berubah ya?
Maksud mbak?
Dulu,mbak fikir zia itu adalah malaikat yg turun ke bumi untk memberikn kebhagian,mbak sangat salut melihat anti,bhkn mbak slalu berusaha ingn seperti anti,menarik luar dan dalam,mungkn anti g akn pnah tau kalau anti punya wajah yg menarik,adik2 yg bru masuk ke dunia dakwah aja, bnyak yg memuji anti,ya memang g di dpn anti, anti selalu tersenum pada siapa aja yg msh mahrammu,brteman tanpa mandang ini akhwt ato g ,selalu mbuat org senang,anti itu sangat menarik cinta,, mbak tau mungkin ikhwan jg harus menahan pandangan mereka bila melihat anti, anti lain dari pada yg lain,,makanya ketika anti futur,smua merasa kehilangan,anti slalu memotivasi kami untk menghafal Qur'an,mmm,m, oya,,anti ini manusia atau bidadari sih?azkiyah melihat ke arahku yg dari td pandanganya hanya ke depan,
lho,zia menangis?
Gk kok mbak, g apa apa,
ma'afin mbak ya zi...
Gk mbak, zia menangs krn zia brfikir, sesempurna itukah zia? Mbak jgn melebh lebihkan pembcraan,
zia,, itu menurut mbak,dan mbak ykin,org laen jg ngrasa gtu, ingat g wkt anti disuruh bercadar?
Aku mengangguk kan kepala,
tau kenapa? Krn bnyak ikhwan yg terpesona melihat kecntikan mu, kenal akhi mubarak? Diakn smpai g mau satu divisi dgn anti krn ingn jg hati,
akh jaka,abdullah,razal,rizki,
rifki,amir bhkan bnyak lg yg ingn tau lbh dalam tentang anti,
astaghfirullah, segitunya kah mbak? Mbak tau dari siapa?
Dari tingkah mereka aja udah keliatan,apalg akh fatih, bliau menyebut nama anti ketika ada syuroh,bliau fikir anti ada,ingn meminta klarisifaikasi di devisi jurnalistk,padahal ada ukht junaida yg mengkordinisi kalian,
aku larut dgn fikiranku,,benarkah? Kok aku gk pernah tau?
Saatnya bangkit zia, msh bnyak ilmu yg menunggumu,msh bnyak yg merindukan kehangatan mu, antikan akhwt yg slalu smangat, ingat g wkt kita Direct Seling? Anti bs memotifasi kami,sampai yg sakitpun jadi smangat,krn anti slalu ngeluarin bhsaSmangat yg menggerak kan hati untk berharakah,anti jg pemimpin yg brtanggung jwb,mbak ingat wkt terik mentari menyengat qt,anti slalu menyemangati kami,kata kata yg msh mbak ingt wkt kita kecapek an,anti bilang bgni," ingat gk Allah telah membeli org2 yg beriman dgn harga sebuah surga? Kalau qt loyo,kita malu donk sama Allah, kita di beli dgn harga mahal,eh kitanya yg g berikan apa apa pada Allah, udara memang panas,kalau qt ikhlas pasti g terasa, bnar g kawan kawan? Kan Allah udh bilang, inyansurullah yansurkum, kalau kalian menolong agama Allah,maka Allah akn menolong kita, kmudian anti menyanyikan lagu jejak yg membuat kami ngikut anti, kenang azkiya,
aku tersenyum geli,, teringat masa lalu, konyol,hu,u,uf
masuk yuk..mslh dia, insya Allah kalu dia bnar bnar mencintaimu,maka ia akan datang dgn cr yg lebh baik, ya..dgn mengkhtbh anti mungkin, he,he,lagian anti blajar masak dulu,bru mikir walimahan,ejek azkiyah,,
ye,e,e, ana bisa masak ya mbak. Mbak jgn sepele, candaku,
kan mbak bilang blajar,bkn bilang g bisa, lagian anti bs masak air,dan indomie doang, masak telor aja gosong, iyakan? Azkiyah mengglitik pinggangku yg tertutup jilbab panjangku,
ao,o,o, mbak jgn,ha,ha,ha jgn mbak, geli, iya,iya ana ngaku,ana g bs masak, tp udh dunk mbak,ha,ha,hb
malam itu sangat membuatku senang,akhrnya crita azkiya membuka file memoriku kembali,tentang siapa aku,, ku ambil cermin kecil, azkiyah msh sibuk dgn baca'annya,
mo tidur aja,ngaca, ejek azkiya,
bkn gtu ukhti ..ana pengen tau,kecntikan wajah ana terletak di mana?kayaknya biasa aja tuh, mata g bersinar,hdung biasa aja,bibir g seksi, alis jg g terlalu rapi, gigi juga g menarik..jelasku sambil memperhatikan wajahku,
ye,e,e, kalau di sebut satu persatu,memang g ada yg indah,tp krn di padukan,jd luar biasa,, jwb azkiyah sambil menutup bukunya, lagu do'a robithoh menghantar kami tidur dan melayang menyambut mimpi indah...
Terbanglah lara,agar kebhagian menyapaku,,mendung di wajah rembulan akn berubh menjadi langit yg menaungi bumi..ya..aku harus bngkit..
Ya Allah,kutitip cintaku padanya pada Mu, ku percya bingksan indah itu telah Engkau sediakan padaku,tp kalaulah boleh memohon, jadikanlah aku tulang rusuk yg slama ini di crinya,krn Engkau telah menganugrahkn cinta di hatiku padanya,ku tak ingn mengotori kesucian cinta,maka dari itu simpanlah sejenak cinta ini sampai masanya tiba,
jaga dia ya Rabb,ENGKAU sebaik2 penjaga,bila bukan aku yg tercipta untknya,berikan ia gadis yg beribu ribu kali lipat lbh baik dariku,agar ia merasa sejuk tika memandang istrinya,
izinkan aku kembali menyatu dgn jalan panjang ini,yg sempat terzeda kefuturan, izinkan yg Rabb..
Berikanlah ganti yg lbh indah kpd akhi musa,yg bgt mengingimkanku,surat kaleng itu tanda betapa ia ingn menjaga hatiku, berikanlah bidadari Mu padanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar