Kamis, 02 April 2009

RENUNGKANLAH!!!

Apa yang tersirat pada penciptaan bumi ini? Allahu’alam, aku tidak ingin banyak omong kosong, yang aku inginkan jawaban hakiki.
Hati itu adalah raja, kadanga sulit untuk memahami apa dan bagaimana sendiri, iri, entah apalah namanya yang menyangkut penyakit hati,
Padahal rasululullah telah bersabda: “ dalam tubuh manusia terdapat segumpal darah, bila baik didalamnya maka baiklah akhlaknya, bila buruk di dalamnya maka buruklah akhlaknya, segumpal darah itu adalah hati.”
Apa bangganya menjadi seorang yang dikenal dihadapan manusia tapi tak dipandang oleh allah? Apa senangnya dipuji oleh manusia tapi allah murka? Apa istimewanya dikenal sebagai kader dakwah yang “ wah” aksi kuat ibadah taat, prestasi hebat, tapi allah melemparkan semua itu ke wajah kita kerna” NIAT” yang salah.


Seharusnya bukan diawali dengan aksi kuat. Tapi luruskan niat, seseorang tidak akan mencium bau surga apabila dihatinya masih ada sifat dengki dan sombong, itulah hadis yang pernah di ucapkan oleh nabi kita,, lantas kenapa harus merasa kitalah segala-galanya,, kitalah yang paling smart, paling di kagumi, paling aktiv, paling diminati, paling semuanyalah, padahal kedudukan kita di kelopak mata allah saja nihil, boro-boro dipandang sama allah,, dilirik saja tidak..
Seharusnya ketika rasa paling hebat itu menyeludup ke hati kita, maka istighfarlah,, jangan diteruskan kerna sesungguhnya sombong atau bangga dengan diri sendiri itu adalah sifat iblis, sedangkan iblis itu adalah musuh nyata bagi kita anak adam.
“ ketika allah memerintahkan malaikat bersujud, maka mereka bersujud, kecuali iblis , mereka enggan untuk bersujud kepada adam, lalu allah menanyakan mengapa kamu tidak bersujud? iblis menjawab,, apakah aku harus bersujud, padahal aku lebih baik dari dia, aku diciptakan dari api, sedangkan dia dari tanah, maka allah mengutuknya dan mencampakkannya ke dalam api neraka yang teramat panas,, lalu iblis memohon pada allah,, ya allah,, aku akan menghuni neraka Mu tapi nanti, setelah hari kiamat, sekarang izinkan aku menggoda anak adam agar aku punya teman dari golongan manusia untuk menikmati azab Mu”
Semua anak adam akan masuk keperangkap iblis kecuali orang-orang yang menjaga keikhlasan hatinya untuk melakukan amal-amal sholeh.
Lucu bukan? Sangat lucu,, kita yang terlahir sebagai anak adam seharusnya mewarisi sifat adam, bukan sebaliknya, masa anak adam mewarisi sifat iblis, jelas2 iblis musuh nyata buat kita,, weleh,, weleh…
Menjaga hati itu bukan saja menjaga diri dari akhwat atau ikhwan saja,, atau takut VMJ, tapi menjaga hati itu artinya menjaga hati dari semua sifat yang kira-kira bisa menodai kejernihannya,, salah satunya sifat bangga pada diri sendiri kemudian diiringi dengan riya dan sombong,, maka celakah orang-orang yang seperti ini.
Apakah kita temasuk kedalamnya? Ana, antum atau kita semua? Hanya kita yang tau niat kita seperti apa dijalan dakwah ini. Dan jangan sampai kita lupakan bahwa riya itu adalah salah satu sifat yang mengakibatkan kita menjadi syirik kecil.
Ingat! Keberhasilan dakwah ini bukan dilihat dari berapa banyaknya yang ikut kedalam wajihah dakwah ini, tapi dakwah ini akan dikatakan berhasil bila setiap individunya mampu menjaga izzah, dan kesucian niatnya, kerna pertarungan yang akan diembannya adalah agama allah, dan yang akan di fahamkan adalah ajaran allah melalui kekasih allah.
So.. selalu tingkatkan rasa mawas diri,, musuh yang paling dekat adalah diri kita sendiri.. jangan lupa firman allah pada surat An Nas.. baca dan tadabburulah ayat ini,, perlahan-lahan bila allah menghendaki, maka kita akan di fahamkan oleh Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar